BLOGGER CHAT ROOM


ShoutMix chat widget

Berburu Dollar di Internet


Bagi sebagian orang melakukan pekerjaan yang satu ini memang terkadang dianggap kurang kerjaan, mungkin saja disebabkan aktifitasnya hanya melototin komputer. Justru disitulah seni dari dunia internet, semakin lama dipelototin semakin banyak kesempatan yang terbuka bagi kita untuk mendulang pundi-pundi uang ke kantong kita.
Nah loh, bingungkan? Pertanyaannya adalah berapa besar yang kita bisa dapatkan melalui aktifitas ini? Dan bagaimana caranya?. Menjawab pertanyaan tersebut, pada edisi kali ini saya akan membeberkan secara gamblang tentang trik-trik yang digunakan oleh para blogger dalam memanen dollar melalui situs blog nya.

Memulai Dengan Blog
Langkah awal yang harus kita lakukan jika ingin memulainya adalah membuat sebuah blog yang nantinya akan dijadikan jembatan penghubung antara kita dengan pemilik website pemberi job. Membuat blog bisa dilakukan dengan mendaftar disitus yang menyediakan fasilitas blog bagi membernya, sebagai contoh daftar di website www.blogger.com atau www.wordpress.com.

Saat mendaftar anda tinggal melakukan langkah-langkah yang diperintahkan oleh situs tersebut, jangan khawatir jika anda tidak bisa berbahasa ingris website tersebut juga dilengkapi dengan system penerjemah berbagai bahasa yang canggih termasuk bahasa Indonesia. Setelah melakukan created (baca; membuat blog) sesegera mungkin untuk mempost tulisan atau artikel yang anda ingin publikasikan, saran saya kalau boleh informasi itu menggunakan bahasa inggris, tidak sulit melakukannya kok, anda bisa temukan beragam informasi menarik dengan menggunakan mesin pencari informasinya om Google (www.google.co.id).

Untuk jaga-jaga postkan 7 (tujuh) buah artikel berbeda di halaman blog anda, biasanya ada situs tertentu yang menilai hal ini misalnya google adsanse yakni situs yang menawarkan program kerjasama yang trendnya disebut pay per click kalau saya terjemahkan Loe Klik Gue Bayar.

Anda tidak perlu khawatir jika kurang paham dengan penataan halaman blog yang sudah anda buat. Karena di om goggle anda bisa menemukan berjuta-juta trik menarik serta tips mempercantik web blog anda. Sebagai bahan referensi anda bisa mengunjungi web blog kang Rohman www.kolom-tutorial.blogspot.com, disana anda akan diajari dari awal hingga mahir dalam membangun situs blog anda. Buktinya? saya sendiri adalah jebolan dari web blog maestro blogger tersebut. Yah jujur saja dulu saya nggak ngerti apa-apa dengan masalah ini tapi alhamdulillah begitu belajar melalui alamat situs kang Rohman sekarang saya mahir dan memiliki beberapa blog yang pengunjungnya per hari rata-rata 50-80 orang dari berbagai belahan dunia (kunjungi blog saya; www.muhammad-rizky.blogspot.com).

Apakah Blog Harus Cantik?
Jawabannya tidak perlu! Kanapa? Karena para pemberi kerjaan tidak melihat penampilan blog kamu, mereka akan membuat kerjasama dengan siapa saja selama blog itu dianggap mampu menjalankan tugas yang mereka berikan. Yang terpenting dalam pengembangan blog yang anda miliki adalah informasi yang selalu up to date karena dengan seringnya anda memperbaharui informasi maka indeks pencarian google akan sering mengunjungi anda dan sudah pasti akan menaikkan reputasi blog itu sendiri. Selain itu, pengunjung juga akan senang mengunjungi blog tersebut mengingat informasinya yang selalu diperbaharui.

Soal isi itu terserah anda sendiri, hanya saja disarankan agar menentukan arah blog itu sebelumnya agar memudahkan dalam indeks pencarian google. Misalnya anda fokus pada pembahasan politik, sosial budaya, hoby atau apa saja yang sekiranya anda sukai.
Carut marutnya konsep blog dengan memuat informasi yang tidak terarah akan menyusahkan anda dikemudian hari dalam menjaring pengunjung.

Bagaimana Mendapatkan Dollar-nya?
Wah sudah tidak sabar nih untuk merasakan hasilnya yah? Baiklah, sebelum saya menjelaskan caranya, mungkin perlu saya tambahkan sedikit melengkapi informasi diatas. Lakukan perubahan bahasa diblog anda, ganti bahasa Indonesia ke bahasa Inggris terlebih dahulu.

Setelah merubah bahasa blog ke bahasa inggris sekarang yang kita lakukan adalah mendaftarkan blog kita di web pemberi kerja tersebut. Sama seperti orang yang melamar pekerjaan, kita harus mengisi formulir yang mereka sediakan dengan jelas dan lengkap. Ada banyak website yang menawarkan program ini, cara yang termudah dengan mencarinya di pencarian-nya om google, misalnya masukan kata, “cara mudah dapat dollar” atau “program affiliates” di kolom search engine.

Sebelum menentukan pilihan, anda sebaiknya mencari referensi pendukung dari para blogger lain tentang situs mana yang benar-benar akan membayar kerja keras anda nantinya, sebab banyak juga website yang tidak akan menghargai kerja anda di internet alias menipu. Bayangkan saja bagaimana kesalnya setelah kerja berat eh malah gakdapat apa-apa sementara website tersebut mendapat banyak keuntungan dengan gencarnya promosi yang kita lakukan So What Gitu Loch...

Kebanyakan para blogger menggunakan google adsanse untuk menjadi partner mereka karena perusahaan raksasa ini selalu memberikan upah bagi siapa saja yang ikut mempromosikan website klien mereka, sekecil apapun kerja anda akan dihargai dengan pantas oleh raja mesin pencarian ini.

Jika anda mendaftarkannya melalui google adsanse jangan bingung jika aplikasi permohonan anda belum bisa disetujui hari itu juga. Karena google akan melakukan proses cek n ricek terhadap web blog yang mengajukan kerjasama. Nah disini inilah pentingnya postingan itu minimal harus 7 (tujuh) artikel, karena google adsanse akan menilai ketidak seriusan anda dalam bekerja jika postingan yang terdapat di blog tersebut kurang dari angka tersebut.

Biasanya jika tidak ada kesalahan atau kekurangan dalam proses registrasi dalam tempo 1 atau 2 hari aplikasi permohonan anda akan disetujui oleh google adsanse. Nah selanjutnya anda tinggal memasang iklan klien google ke blok anda dengan cara meng copy kode html yang diberikan oleh google ke blog saudara. Jangan lupa untuk melengkapi data-data tentang alamat pembayaran, karena google adsanse akan mengirimkan cek ke alamat yang anda cantumkan untuk dicairkan melalui CitiBank, kalau anda memiliki account paypal anda bisa meminta kepada google untuk mentransferkan dana tersebut ke account paypal. Cara buat account paypal daftar di www. Paypal.com.

Tugas Apa Lagi Yang Harus Saya Lakukan?
Tugas selanjutnya tergantung seberapa besar yang ingin anda hasilkan dari pekerjaan ini, semakin sering dan semakin gencarnya anda mempromosikan iklan tersebut kepada pengunjung blog anda akan semakn besar pula keuntungan yang anda dapatlkan. Jangan pernah bosan untuk melakukan promosi, memasukan daftar alamat blog (baca;link) orang lain ke daftar teman anda, karena mereka yang link nya anda pasang akan melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan. Semakin banyak link yang anda masukkan akan semakin besar reputsi anda dimata mesin pencarian google. Kalau anda memiliki banyak waktu luang sebaiknya buatlah banyak blog dengan berbagai versi pembahasan, karena di blog tersebut anda bisa menyisipkan link iklan dari mitra kerja kita.

Memang ini akan terasa berat diawal, tapi hasil yang didapat juga akan sepadan dengan apa yang kita lakukan. Oh iya, ingatlah satu hal, jangan sekali-kali meng klik iklan yang ada di blog anda dengan alasan apa pun karena itu akan dianggap perbuatan yang curang dan sangsinya anda tidak akan mendapatkan apa-apa bahkan account anda akan dihapus oleh mereka.

Saya memulai cara ini dengan menelusurinya dengan menggunakan google untuk menemukan website atau blog yang banyak dikunjungi oleh blogger, akhirnya dengan perjuangan yang pantang surut saya menemukan beberapa alamat blog yang pengunjungnya ramai, salah satunya ya blog milik kang Rohman itu. Selain disana saya mendapat banyak ilmu soal blog saya juga dapat segudang teman yang jumlahnya tidak bisa saya hitung saking banyak-nya.

Dengan penuh kesabaran saya luangkan waktu saya dua jam sehari terkadang sehari semalaman jika saya tidak memiliki pekerjaan yang penting, dan setelah tiga bulan saya mencoba mengecek account adsanse, jreng..jreng...dengan perasaan haru dan sedikit tidak percaya saya melihat saldo account saya menuliskan angka $176.

Wow...sebuah angka yang lumayan banyak dan pantas dari usaha yang awalnya sekedar iseng. Tapi saya tidak keburu mencairkan uang tersebut karena didalam hati saya merasa yakin apa bila upaya yang saya lakukan dulu jika saya genjot lagi dua kali lebih hebat maka hasilnya pun akan lebih dasyat tentunya. Nah, seperti yang saya bayangkan satu setengah bulan berikutnya saya mendapat honor totalnya $390. Kalau dikurskan ke rupiah dengan nilai tukar saat ini $1 = Rp. 10.000, saya sudah mengantongi uang sebanyak Rp.3.900.000,- lebih dari cukuplah untuk upah tersebut, hanya kurang dari lima bulan saya sudah merasakan hasilnya, hanya bermodalkan koneksi internet dan waktu luang disela aktifitas saya sehari-hari...hehehehe....

Sekali lagi saya tekankan, hasil yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang kita kerjakan. Jadi tolak ukur berapa besar yang kita dapatkan itu tergantung bagaimana kita eksis dan konsisten menggeluti kerjasampingan ini. Begitu pula waktu yang dibutuhkan, asalkan nilai saldo anda mencapai $100 dollar google adsanse akan mengirimkan hasil kerja anda tersebut ke alamat yang tertera di data account mereka.
Apakah Hanya Dengan Adsanse Kita Bisa Memperoleh Dollar?

Untuk meningkatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda juga melakukan hal lain misalnya dengan membantu orang lain menjualkan produk mereka dengan kompensasi komisi penjualan yang besarnya antara 10% hingga 25% dari nilai jual barang tersebut. Banyak sekali situs yang menawarkan program seperti ini, termasuk situs lokal dalam negeri. Selain itu anda juga bisa menjual berbagai macam produk yang sekiranya layak jual, misalnya dikota atau disekitar tempat tinggal anda terdapat usaha kerajinan tangan atau souvenir yang unik, yang anda lakukan adalah membujuk sipemilik usaha agar memberikan ijin menjual produk mereka melalui blog anda. Kalau metode pemasarannya tepat, saya yakin dalam sekejab anda bisa menjadi orang berduit, terlebih produk itu dibeli oleh orang luar negeri...Wihhh...Jadi pengusaha exportir dong...

Pokoknya usahakan apa yang anda pasarkan itu berbeda dengan yang dipasarkan oleh orang lain, karena itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Kita juga bisa melakukan kerjasama dengan industri souvenir, garment dengan menciptakan produk khusus yang didesain oleh kita sendiri. Selama kita percaya dengan apa yang kita lakukan maka jangan khawatir soal hasilnya...Insya Allah tidak akan mengecewakan.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencoba berburu dollar diinternet seperti yang saya lakukan saat ini. Apapun hasilnya yang perlu diingat, usaha tersebut akan memberi harga yang pantas sesuai kerjakeras kita, dan jangan lupa ber do’a.

Selamat Mencoba.

1 comments:

Anonymous,  Friday, 27 February, 2009  

memang internet memberikan sesuatu yang laur biasa kepada kita. sesuatu yang belum terkirakan oleh kita

Post a Comment

Silahkan Komentari Halaman ini...

MEMBER BLOG NEWS

Komentar Terbaru

RANKING

My Popularity (by popuri.us)

  © Muhammad Rizky Original Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP